JANGAN MALU BELAJAR MENCARI ILMU MASIH ADA KESEMPATAN BELAJARLAH JANGAN BERDIAM DIRI BELAJARLAH SAMPAI SETINGGI LANGIT

Sabtu, 06 Juli 2013

BULAN RAMADHAN TELAH TIBA

Ramadhan 1434H di tahun 2013 ini telah tiba. Walaupun ada perbedaan dalam menentukan Satu Ramadhan namun tidak menjadi masalah karena umat muslim tetap bersatu dan bergembira menyambutnya. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, bulan Ramadhan selalu terasa begitu spesial berbeda dengan bulan-bulan yang lainnya. Senyuman banyak terurai dan banyak semangat yang berkobar apalagi Ramadhan 1434 H ini jadi semakin berkobar-kobar deh semangatnya
Bulan Ramadhan telah tiba, umat muslim seluruh dunia kembali lagi berkesempatan untuk meraih berkah pahala sebanyak-banyaknya. Alangkah beruntungnya bila kualitas ibadah pada bulan Ramadhan tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. Semua umat muslim tentunya dapat meraih hal tersebut dengan menunaikan ibadah wajib puasa dan amalan Ramadhan lainnya secara maksimal.


Maka sebelum memasuki Ramadhan 2013, kita sebagai umat muslim perlu tahu apa saja persiapan menghadapi bulan Ramadhan, hingga kita paham betul makna puasa Ramadhan dan melewati bulan penuh berkah ini dengan sempurna. Inilah persiapan menjelang puasa Ramadhan secara garis besar.
1. Mengetahui ilmu Mengenai Puasa Ramadhan


Mungkin tahun yang lalu kita menjalani puasa hanya sekedar ikut bersama keluarga untuk sahur, berbuka dan bertarawih bersama. Namun tidak selamanya lingkungan kita merupakan lingkungan yang mendukung hal tersebut, ditambah lagi kekhawatirkan akan puasa kita sebetulnya diterima atau tidak. Seperti sabda Rasulullah saw.
“berapa banyak orang yang berpuasa, tapi hanya mendapatkan lapar dan dahaga saja”.
Sebagai umat muslim kita tidak ingin mendapat lapar dan dahaga saja saat bulan puasa, melainkan menjadi umat yang pada akhir Ramadhan (Idul Fitri) merasakan hari nikmatnya hari kemenangan. Agar tercapai hal tersebut maka mari kita kembali pelajari ilmu tentang rukun dan syarat puasa. Mempelajari ilmu puasa ini juga berguna untuk menambah semangat berpuasa. Jadi, Buka dan pelajari lagi ilmu-ilmu mengenai puasa merupakan salah satu persiapan dasar berpuasa Ramadhan.
2. Membiasakan diri Berpuasa (Persiapan Fisik)
Sebagai manusia biasa yang tiba-tiba memasuki bulan Ramadhan dan berpuasa pasti ada sedikit “kaget” pada diri kita, entah tubuh kita yang sebelumnya tidak biasa berpuasa atau pikiran jiwa kita yang kaget. Padahal bulan puasa Ramadhan adalah hal yang perlu kita jalani dengan tibuh fit dan bugar.
Maka ada baiknya 2-3 bulan sebelum bulan puasa kita sudah melatih berpuasa sunah, seperti puasa senin-kamis atau puasa syaban, puasa sya’ban memang dianjurkan oleh Nabi Muhammad. Dengan melatih diri berpuasa sebelum bulan Ramadhan ini, puasa Ramadhan akan dapat kita jalani tanpa rasa “kaget” tersebut sehingga puasa lebih maksimal.
3. Persiapan Materi
Mempersiapkan materi pada bulan puasa Ramadhan bukanlah untuk bermegah-megahan saat berbuka puasa, namun persiapan materi untuk berinfaq dan bershodaqoh. Pada bulan Ramadhan ini amalan pahala umat muslim dilipatgandakan sampai 70 kali, maka sayang sekali bila pada bulan penuh berkah tahun ini kita tidak mengambil kesempatan untuk menyisihkan harta kita untuk fakir miskin yang membutuhkan.
Semoga Ramadhan 1434 H ini lebih baik dari Ramadhan tahun 1433 H dan semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosa kita yang telah lalu. Amien


Tidak ada komentar:

Posting Komentar